Theological Conference

TOR Konferensi Teologi Tahunan STTRII dan Call for Papers

A Lasting Reformation! Then and Now

Sabtu, 6 November 2021

Pendahuluan dan Latar Belakang
Sejak tahun 1517 dari sebuah kota kecil di Jerman, gerakan Reformasi telah bergulir dan memberikan dampak yang berkelanjutan bagi arah perkembangan gereja di masa depan, bukan saja bagi benua Eropa, bahkan bagi seluruh dunia. Konferensi teologi tahunan STTRIIi ini dimulai pada tahun 2021 untuk lebih menghargai signifikansi dari pengaruh reformasi. Baik para reformator maupun para penerus api kudus reformasi, masing-masing memegang peranannya penting di dalam konteks masing-masing, baik secara lokal maupun global. Pada tahun 2020 dan 2021 ini, kubu reformed mengingat berlalunya satu abad peristirahatan teolog-teolog seperti Abraham Kuyper, Herman Bavinck, dan B. B. Warfield. Apakah sumbangsih para teolog reformed ini bagi dunia kontemporer?

STT Reformed Injili Internasional (STTRII) memegang teguh lima sola reformasi dan berkomitmen meneruskan program reformasi ecclesia reformata semper reformanda. Seturut dengan visi dari Pdt. Dr. Stephen Tong yang menyoroti bahwa Reformasi merupakan gerakan yang murni untuk kembali kepada kebenaran sepenuhnya akan seluruh kitab suci dengan sepenuh hati, maka STTRII berketetapan untuk mengadakan konferensi teologi ini secara tahunan, baik secara lingkup nasional ataupun internasional. Kemurnian pengajaran dari sekolah-sekolah tinggi teologi sebagai institusi pendidikan akan bermuara pada kokohnya iman umat Tuhan di dalam gereja. Oleh sebab itu, kami mengharapkan adanya dampak yang meluas bagi gereja melalui konferensi akademis ini.

Penyelenggaraan
STT Reformed Injili Internasional akan menyelenggarakan konferensi teologi ini pada:

  •     Hari/tanggal : Sabtu, 6 November 2021
  •     Waktu : Pkl. 09:00–16:00 WIB
  •     Tempat : Kapel Martin Luther, Reformed Millennium Center Indonesia
*Konferensi ini akan diselenggarakan secara hybrid, yaitu secara kehadiran fisik atau zoom bagi yang tidak dapat berpergian.

Pembicara Kunci:
Rev. Craig G. Bartholomew, Ph.D., pimpinan dari Kirby Laing Institute for Christian Ethics dan peneliti senior di Tyndale House, Cambridge, UK, akan mempresentasikan buku terbarunya The Doctrine of Creation yang diterbitkan pada tahun 2020.
**Masih dalam tahapan konfirmasi

Pembicara sesi-sesi plenary:

  1. Antonius Steven Un, Ph.D., Abraham Kuyper
  2. Billy Kristanto, Dr. Theol., Dr. Phil., Gereja, Ruang Publik, dan Kerajaan Allah
  3. **Yuzo Adhinarta, Ph.D., Roh Kudus dan Reformasi
  4. **Yohanes Adrie Hartopo. Ph.D.,
*Judul diatas bersifat sementara. Waktu presentasi selama 45 menit termasuk tanya jawab.
**Pembicara dan topik presentasi akan dikonfirmasi kembali.

Short Papers
Kami mengundang para teolog, dosen, maupun mahasiswa berteologia Reformed untuk mengirimkan proposalnya demi mempresentasikan makalah-makalah yang terkait dengan tema ‘Reformasi yang Berkelanjutan’. Waktu presentasi short papers diberikan selama 20 menit dengan tanya jawab 10 menit.
Proposal yang dikirimkan harus disertai:

  • Judul sementara
  • Abstrak sejumlah 200–300 kata
  • Resume dari penceramah
Semua makalah plenary dan short papers yang baik secara akademik akan diedit untuk diterbitkan menjadi buku, ataupun dimuat di dalam jurnal nasional maupun internasional. E-mail: Callforpapers@sttrii.ac.id
Batas penerimaan proposal: 31 Agustus 2021

Target Peserta
Dalam konferensi teologi ini STTRII mengharapkan kehadiran peserta berjumlah 150 orang yang terdiri dari para teolog/dosen STT, mahasiswa STT, kalangan akademisi atau praktisi gereja pada umumnya.
Peserta yang bukan penceramah diwajibkan untuk mendaftar dan melunasi biaya pendaftaran sebagai berikut: bagi mahasiswa sebesar Rp 50,000,- dan bagi non-mahasiswa sebesar Rp 150,000,-

Informasi terbaru dapat diakses di http://sttrii.ac.id/theological-conference
Jakarta, 3 Mei 2021
Pdt. Audy Santoso, Ph.D.
Koordinator Konferensi Teologi Tahunan STTRII 2021